SHARE
hipwee.com

Hidup hemat itu penting untuk dibiasakan sejak dini. Karena kalau tidak, maka yang akan terjadi adalah ‘besar pasak daripada tiang.’

Sebanyak apapun uang yang kamu miliki, nggak ada salahnya kan untuk mulai belajar hidup hemat dari sekarang? Karena kita nggak pernah tau perubahan kondisi perekonomian yang akan datang. Nah, beberapa hal berikut ini perlu untuk dicermati bagi kamu yang ingin memulai hidup hemat.

 

1. Kurangi perilaku konsumtif

Belanja sewajarnya aja, jangan kaya gini ya, dari wartakota.tribunnews.com

Perilaku konsumtif adalah membeli barang-barang secara berlebihan yang sebenarnya kurang diperlukan, hanya untuk memuaskan nafsu sesaat.

Sedangkan kita sendiri tahu bahwa yang namanya kepuasan manusia itu nggak ada batasanya. Kalau diri kita sendiri tidak punya niatan untuk memulai gaya hidup hemat, maka jangan kaget jika nantinya pengeluaran kita akan didominasi dengan barang-barang keinginan kita, bukan barang-barang kebutuhan kita yang sebenarnya justru nilainya melebihi uang yang kita miliki.

 

2. Needs VS Wants

Bedakan antara keinginan da kebutuhan, dari ministry-to-children.com

Ketika sedang berbelanja di mall, kita mungkin sering tergiur dengan iming-iming bandrol bertuliskan “DISKON” dan berniat untuk membeli barang tersebut. Padahal belum tentu kita membutuhkan barang itu. Kita hanya membelinya karena kita ingin, bukan butuh.

Kebutuhan adalah sesuatu yang kita perlukan, yang tanpa adanya sesuatu itu maka kehidupan kita tidak akan berjalan dengan baik. Sedangkan, keinginan adalah nafsu sesaat yang tanpa memenuhinya, dunia tidak akan runtuh seketika.

Kehidupan kita akan lebih bermanfaat kalau kita memenuhi apa yang kita butuhkan. Mulai dari sekarang coba bedakan mana yang termasuk kebutuhanmu dan mana yang menjadi keinginanmu.

Jadi sebelum kamu membelanjakan uangmu, buatlah daftar belanja yang mencakup kebutuhan yang lebih penting yang harus segera dipenuhi, dan sisanya bisa kamu alokasikan untuk membeli apa yang kamu inginkan. Jadi, kamu nggak akan bingung dan gelap mata lagi deh waktu belanja.

 

3. Membuat perencanaan keuangan pribadi

Kalau nulis diary aja bisa, perencanaan keuangan juga dong, dari www.pembedekor.com

Banyak cara bagi kita untuk mulai belajar hidup hemat. Salah satunya adalah dengan membuat perencanaan keuangan pribadi.

Perencanaan keuangan ini mencakup tujuan keuangan kita serta menentukan langkah-langkah apa yang harus kita ambil untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga kita bisa menjadi lebih tertib dalam membelanjakan uang kita.

 

4. Menabung

Menabung bisa dimulai dari hal kecil seperti celengan, dari kawankumagz.com

Sedia payung sebelum hujan. Tidak ada ruginya untuk menyisihkan sebagian kecil uang kita untuk ditabung dengan tujuan untuk berjaga-jaga dan juga mengantisipasi kejadian yang tidak terduga.

Dengan menabung secara konsisten maka kita akan punya uang simpanan yang nantinya berguna untuk masa depan kita.

“It’s not really what you have but how you manage what you have”. Yuk, belajar hidup hemat mulai sekarang!

 

LEAVE A REPLY